Skip links

Standar Keamanan Kelistrikan

Standar Keamanan Kelistrikan adalah pedoman dan aturan yang ditetapkan untuk memastikan bahwa instalasi kelistrikan dan peralatan yang digunakan dalam lingkungan listrik aman, dapat diandalkan, dan memenuhi persyaratan keamanan. Standar ini bertujuan untuk melindungi manusia, melindungi properti dari risiko kebakaran dan kerusakan, serta memastikan kelancaran operasi sistem kelistrikan.

Standar ini mencakup berbagai aspek, termasuk desain, instalasi, pengoperasian, pemeliharaan, dan inspeksi peralatan kelistrikan. Standar ini ditetapkan oleh badan pengatur atau organisasi standar yang terkait dengan industri kelistrikan dan dapat berbeda-beda di berbagai negara.

Dengan menetapkan persyaratan untuk penggunaan bahan isolasi yang aman, sistem pengelelolaan kabel yang tepat, pengamanan sirkuit, instalasi grounding yang memadai, serta perlindungan terhadap kelebihan arus dan hubungan arus pendek. Selain itu, standar ini juga mengatur penggunaan alat pelindung diri, tanda peringatan, tata letak instalasi yang aman, serta persyaratan pemeliharaan dan inspeksi rutin.

Berikut ini beberapa standar keamanan kelistrikan:

1. Standar Umum

Pastikan ada ruang cukup dan akses memadai dari semua peralatan listrik untuk memungkinkan pengoperasian dan pemeliharaan peralatan yang aman. Ruang kerja harus cukup luas untuk pengguna mengamankan diri jika terjadi masalah kelistrikan yang mengancam keamanan.

Gunakan pelindung yang cocok untuk melindungi semua lampu pada fiting lampu yang lebih rendah dari 2,1 m untuk menghindari kontak yang tidak disengaja dengan pengguna.

2. Faktor Kelembaban

Segala jenis uap air dapat menyediakan jalur konduktif untuk listrik, menghasilkan kerusakan perangkat atau kondisi yang membahayakan pengguna. 3 Pedoman mengenai kelembaban saat bekerja dengan dan di sekitar listrik ini harus dicermati dan dipahami dengan baik, demi keselamatan bersama:

Gunakan GFCI (Ground fault Circuit Interrupter) jika ada potensi bahaya dari air.

Jika menggunakan alat kelistrikan untuk keperluan outdoor, unakan alat-alat listrik, kabel, dan colokan daya sesuai standar luar ruangan jika terkena kelembaban dan pastikan peralatan tersebut terlindung dari kontak langsung dengan air.

Batasi pekerjaan listrik selama kondisi hujan.

3. Standar Peralatan

Alat yang aus, cacat, atau dioperasikan secara sembarangan adalah penyebab langsung dari banyak kecelakaan listrik. Selalu pilih alat yang tepat untuk pekerjaan tertentu, dan gunakan dengan benar. Sebelum Anda memulai pekerjaan apa pun, periksa semua alat untuk memastikan semuanya bersih, kering, dan bebas dari lapisan berminyak atau karbon. Jangan pernah memodifikasi alat atau peralatan listrik tanpa pengetahuan dan membaca petunjuk keamanan yang tepat. Gunakan pedoman ini untuk perkakas tangan:

  • Perkakas tangan harus memiliki pegangan dengan lapisan isolator.
  • Gunakan alat berinsulasi ketika bekerja di sirkuit yang menyala.
  • Jangan gunakan alat apa pun yang memiliki celah, sobek, atau kerusakan pada insulasi.

Gunakan pedoman ini untuk alat-alat listrik:

Pastikan bahwa semua perkakas listrik dan peralatan terhubung hanya ke sumber daya yang memiliki perlindungan seperti GFCI atau yang setara, selama pekerjaan pemeliharaan; renovasi; perbaikan bangunan, struktur, atau peralatan; atau selama kegiatan seperti konstruksi lainnya. Kabel daya dengan proteksi built-in juga dapat digunakan.

  • Periksa kondisi keseluruhan alat dari keausan atau cacat.
  • Periksa alat untuk memastikan semua lapisan pengaman bekerja dengan baik.
  • Periksa semua kabel daya dan sakelar untuk mengetahui apakah ada kerusakan, insulasi rusak, dan koneksi longgar.

Penting untuk mematuhi Standar Keamanan Kelistrikan untuk mencegah risiko kecelakaan listrik, kerusakan peralatan, dan kerugian finansial yang dapat timbul. Hal ini berlaku baik untuk instalasi kelistrikan di rumah, gedung komersial, industri, atau infrastruktur publik. Dengan mematuhi standar ini, keselamatan dan keandalan sistem kelistrikan dapat ditingkatkan, dan risiko kebakaran dan kecelakaan listrik dapat dikurangi.

Leave a comment